Baca Komik Gratis Dapat Duit Lagi


Banyak penggemar komik yang rela merogoh kocek untuk menyewa dari rental komik atau membeli dari toko buku. Tapi di Komikoo.com, membaca komik tak perlu bayar alias gratis, malah berkesempatan dapat duit.

Situs yang menyediakan komik buatan para komikus lokal ini memang menerapkan sistem keanggotaan yang unik. Setiap anggota (member) akan mendapatkan reward berupa point yang disebut Komipoint jika memberikan komentar atau rating kepada komik-komik yang ditampilkan. Saat ini, siapa yang mengumpulkan Komipoint tertinggi berhak mendapatkan hadiah sejumlah uang setiap bulannya.Komikoo.com adalah sebuah situs komik dengan konten swadaya (user generated content). Situs ini lahir dari pengamatan bahwa banyak orang Indonesia yang memiliki bakat menggambar/membuat ilustrasi komik dan banyak pula orang Indonesia yang gemar membaca komik.

Kemampuan membuat ilustrasi dan kegemaran membaca komik ini sayangnya belum dibarengi oleh antusiasme para penerbit untuk menerbitkan komik-komik lokal. Komikoo.com hadir untuk memberikan outlet kepada para komikus tersebut untuk menampilkan karya-karya mereka dalam bentuk yang mereka inginkan, yaitu komik.

“Cita-cita komikoo.com adalah memberikan sarana bagi para komikus untuk menunjukkan karyanya dengan mudah, dan menjadi wadah di mana para komikus dapat berkumpul dan berdiskusi,” tulis Iqbal Aribaskara, pendiri Komikoo.com dalam siaran persnya. Oleh karena itu komikoo.com dilengkapi fitur-fitur yang mendukung komunikasi antar komikus, yaitu: fitur real-time chat, fitur shoutbox, fitur forum.

Pertama di Indonesia

Komikoo.com mengklaim sebagai pelopor situs komik online dengan konten swadaya dari para anggotanya. Iqbal menyatakan, ide mendirikan Komikoo mulai terpikir pada tahun 2007. Baru pada tahun kuartal kedua 2008, Komikoo.com versi pertama mulai dikembangkan. Versi pertama diluncurkan pada Agustus 2009 kemudian diperbarui dengan versi kedua yang online sekarang sejak November 2009.

Sebuah komik di komikoo.com memiliki elemen-elemen Judul, Sinopsis, Sampul, dan Halaman yang tersusun secara berurutan/sekuensial, sebagaimana sebuah komik seharusnya. Komikoo.com adalah situs pertama yang mengemas data komik seperti ini.

Untuk mempromosikan komik yang masuk, setiap komik yang diunggah ke Komikoo.com secara otomatis akan disiarkan via akun Twitter dan fanpage Komikoo di Facebook sehingga dapat tersiar lebih luas. Saat ini sudah ada 700 fans di Facebook dan lebih dari 100 follower di Twitter. Sejauh ini, Komikoo memang belum menawarkan benefit langsung kepada komikus yang bergabung, namun sedang disiapkan ke depan.

“Semua layanan di Komikoo.com saat ini masih gratis, dan saat ini Komikoo.com ada dalam tahap pembicaraan dengan beberapa pihak untuk kerjasama-kerjasama yang saling menguntungkan baik untuk Komikoo.com, maupun para komikus yang ada di komikoo.com,” lanjut Iqbal.

Bulan November lalu, Komikoo.com terpilih menjadi salah satu pemenang SparxUp Awards dalam kategori Best User Generated Content. SparxUp Award merupakan kompetisi buata para digital start up yang digagas Semut Api, Kaskus, Kompas.com, dan Daily Social.

Komikoo.com dapat diakses melalui desktop dengan alamat http://komikoo.com
maupun versi mobile di http://m.komikoo.com
Follow juga akun twitter komikoo.com di @komikoo (http://twitter.com/komikoo) , dan facebook fanpage komikoo di http://facebook.com/komikoo

Source: Kompas.com

Maju Indonesia😎

Tentang b4r12y

simple guys
Pos ini dipublikasikan di Berita Pilihan, Bisnis Internet, Cari Uang, DigiLife, Freeware - Gratis dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s