Polisi Bisa Akses BlackBerry Messenger


BlackBerry Developer Conference 2011 di Bali Internasional Convention Center, Westin, Nusa Dua, Bali, 13-14 Januari 2011.

NUSA DUA, Salah satu alasan yang melatarbelakangi pemerintah meminta Research In Motion (RIM) membuka data center di Indonesia adalah untuk mempermudah aparat keamanan mengakses data dalam rangka penegakan hukum dan mengantisipasi kejahatan dunia maya. Misalnya melakukan penyadapan ke layanan BlackBerry Messenger atau email yang mungkin disalahgunakan untuk berkomunikasi para pelaku kejahatan.

Padahal, tanpa perlu melakukan penyadapan polisi atau aparat berwenang mungkin bisa mendapatkan data-data tersebut secara resmi. Bisakah polisi dapat akses langsung ke data komunikasi pengguna BlackBerry Messenger atau email?“Kalau memang hukum di Indonesia mengatur demikian, kami ikuti. Tetap pendekatan yang kami gunakan adalah bagaimana struktur legalnya,” ujar Gregory Wade, Managing Director South East Asia Research In Motion di sela-sela BlackBerry Developer Conference di Nusa Dua, Bali, 13-14 Januari 2011.

Namun, ia mengibaratkan akses komunikasi tersebut sebagai area privat pengguna. RIM selama ini menerapkan teknologi enkripsi yang ketat untuk menjamin komunikasi tersebut aman dan tidak mudah disadap dari luar. Sebab, layanan BlackBerry memang dirancang untuk pengguna profesional yang membutuhkan tingkat keamanan data yang tinggi.

“Ibarat semua rumah, setiap orang punya kuncinya. Kalau hukum membolehkan rumah tersebut dimasuki orang lain, ya kami akan ikuti,” kata Gregory Wade. Ia tak mau menegaskan bahwa RIM akan membolehkan kepolisian mengakses data komunikasi dan hanya menekankan bahwa semuanya harus dilandasi hukum yang berlaku.

Perwakilan RIM dan Kementrian Komunikasi dan Informatika direncanakan akan melakukan pertemuan pada 17 Januari 2011 ini untuk membicarakan beberapa poin tuntutan pemerintah yang belum dipenuhi RIM. Untuk sensor pornografi, RIM telah memutuskan patuh sesuai aturan di Indonesia, namun soal data center masih menunggu kepastian hukumnya.

Source: Kompas.com

Tentang b4r12y

simple guys
Pos ini dipublikasikan di Berita Pilihan, Blackberry, DigiLife, Hot News, Review dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s