Alasan Tidak Perlu Diet


Diet BadanWanita pada umumnya selalu mendambakan tubuh yang langsing dan ideal. Tak jarang, kaum hawa sampai rela diet yang menyiksa demi mendapatkan bodi aduhai.

Menurut studi, diet yang berlebihan, meski membuahkan hasil, terkadang justru menimbulkan masalah kesehatan baru. Oleh karena itu, daripada menyiksa diri, membuang waktu, dan tenaga serta biaya, akan lebih baik bila Anda tidak diet. Tapi, tentu saja Anda harus punya gaya hidup sehat, mengonsumsi makanan bergizi seimbang dan rajin olahraga. Bila ini lakukan, tubuh langsing ideal menjadi milik Anda.

Berbicara soal diet, ada baiknya Anda mengetahui lebih dulu dampak buruk yang bisa ditimbulkannya. Dengan demikian, efek negatif ini kelak tidak terjadi pada Anda, dikutip dari Shine:

1. Kurang gizi

Terkadang diet mendorong seseorang untuk melakukan hal-hal ekstrim, misalnya menghindari kelompok makanan yang sebetulnya sangat dibutuhkan tubuh, seperti karbohidrat, lemak, dan protein.

Anda tidak perlu menghindarinya, sebaliknya cukup membatasi asupannya saja agar tubuh Anda tetap seimbang. Menghindari makanan utama hanya akan mengakibatkan seseorang rentan terhadap masalah kurang gizi.

2. Perilaku yang tidak berkelanjutan

Memaksakan diri mengurangi makanan, memang bisa menurunkan badan cepat. Tapi hal ini bisa membuat Anda kelaparan. Kondisi ini dapat mendorong Anda untuk tergoda kembali makan banyak. Pada akhirnya berat badan Anda pun naik kembali.

Apa yang harus dilakukan? Ubah ke pola pikir makan sehat sebagai gaya hidup, bukan sebagai diet. Ini akan membantu Anda menurunkan kelebihan berat sekaligus menjaga berat badan.

3. Bisa melakukan hal ekstrim

Ketika Anda menghilangkan berat badan dengan cara ekstrim, pada akhirnya, Anda justru akan memiliki keinginan secara ekstrim pula. Suatu hari Anda memiliki pola makan “sangat baik,” berikutnya “sangat buruk.” Anda mungkin pernah mendengar ini disebut “yo-yo diet.”

Akan lebih baik jika Anda menerapkan filosofi moderasi. Menikmati makanan yang Anda dapatkan dan mengatur pola makan secara sehat.

4. Kurangnya energi

Mengurangi asupan kalori secara dramatis akan mengakibatkan Anda cepat lelah sehingga tidak produktif. Sebaliknya, Anda harus memahami tentang pola hidup sehat dengan menyediakan makanan yang sehat pula. Jadi, apa gunanya tubuh seksi bila Anda lemas.

5. Aktivitas

Untuk menurunkan berat badan, Anda disarankan tetap makan dengan baik. Diet tidak berarti harus lari maraton untuk membakar kalori. Karena, sebenarnya Anda cukup hidup secara aktif saja. Dengan begitu, banyak kalori yang dapat Anda bakar. Selain itu sekaligus meningkatkan metabolisme tubuh.

Cara agar Anda tetap menjadi aktif, bisa dengan berusaha menghindari lift di kantor, sebaliknya memakai tangga manual. Ini akan membantu Anda mendapatkan keringat karena pembakaran kalori.

Source: VIVAnews

Tentang b4r12y

simple guys
Pos ini dipublikasikan di Belajar membuat, Berita Pilihan, Rahasia Wanita, Tips Kesehatan, Tips Orang Tua dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s