Mudah Lelah? Ini Penyebabnya!


Kelelahan memang membuat bad mood dan kurang energi. Kurang tidur dan anemia memang menjadi salah satu faktor penyebabnya.
Yuk, cari tahu apa saja penyebab mudahnya rasa lelah, yang dilansir melalui Foxnews (9/8).

 

Kekurangan vitamin atau mineral
Vitamin atau mineral seringkali disepelekan. Praktisi perawat di New York, Irene Park, menegaskan bahwa kekurangan zat besi, vitamin D atau vitamin B12 memicu rasa mudah lelah, cemas dan lemah. Rendahnya vitamin D juga menyebabkan kelemahan dan nyeri otot. Coba temui dokter atau mengonsumsi multivitamin.

 

Depresi
Depresi tak menyebabkan masalah gangguan emosi, tetapi juga fisik. Orang depresi berisiko empat kali lebih tinggi mengalami kelelahan dibandingkan orang yang tidak depresi. Cobalah latihan

aerobik selama 30 menit atau rutin dilakukan tiga sampai lima hari dalam seminggu. Cara ini diyakini mampu mengatasi depresi ringan hingga sedang bahkan mengurangi rasa kantuk akibat kelelahan. Jika tidak terlalu membantu, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter.

 

Masalah di kelenjar adrenal
Kelenjar adrenal memproduksi hormon yang bertanggung jawab mengatur proses fisiologi dalam tubuh. Stres memengaruhi kelenjar adrenal dalam tubuh. Jadi, orang-orang yang merasa stres sepanjang waktu menyebabkan kelelahan adrenal. Dan pada gilirannya mengalami kelelahan fisik yang ekstrim.

 

Apa yang Anda makan dan minum
Mengasup kafein terlalu banyak malah menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi yang dapat menyebabkan kelelahan. Keseringan mengonsumsi makanan olahan juga memperburuk ketidakmampuan tubuh memetabolisme gluten dalam makanan dan menyebabkan kelelahan.

 

Risiko penyakit
Fibromyalgia dan sindrom kelelahan kronis sering menyebabkan kelelahan yang intens, disamping buruknya kualitas tidur dan nyeri otot. Kelelahan juga bisa disebebkan oleh obstructive sleep apneaatau mendengkur selama tidur.

Tentang b4r12y

simple guys
Pos ini dipublikasikan di Tips Kesehatan dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s